Mengenal 7 Jenis Buah yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan momok menakutkan bagi semua orang. Padahal, risiko kolesterol bisa diminimalkan dengan menjalani pola hidup sehat secara konsisten, lho. Salah satunya yaitu mengonsumsi makanan sehat dengan porsi seimbang setiap hari.

Tahukah Moms bahwa ada beberapa jenis buah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jika dikonsumsi secara rutin? Yuk, tambah wawasan Moms di ulasan berikut.

Pepaya

Buah yang satu ini sangat mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau. Tak hanya memiliki cita rasa yang nikmat, pepaya juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan likopen yang baik untuk meminimalkan kadar kolesterol. Vitamin C dan vitamin E pada pepaya dapat menyatu dengan enzim paraoxonase yang efektif menghambat oksidasi kolesterol dalam pembuluh darah. Nah, itulah sebabnya konsumsi pepaya dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

Apel

Apel mengandung senyawa pektin (serat yang larut dalam air) yang mampu menyerap kolesterol serta lemak jahat pada usus halus dan mengeluarkannya melalui urine dan feses. Itulah sebabnya, konsumsi apel sangat disarankan untuk membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Di samping itu, apel juga mengandung vitamin dan polifenol yang membantu mengurangi risiko peradangan, lho.

Alpukat

Moms tak perlu ragu menghidangkan alpukat di rumah karena alpukat punya segudang manfaat baik bagi tubuh. Kandungan asam lemak tak jenuh pada alpukat dapat menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Bahkan, konsumsi alpukat juga membuat seseorang merasa kenyang lebih lama hingga tiga sampai lima jam pasca menyantapnya.

Anggur

Penelitian kesehatan menyatakan bahwa anggur mengandung serat larut air yang dapat menyerap kolesterol pada usus halus. Konsumsi anggur juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meminimalkan kadar kolesterol jahat (LDL), serta trigliserida dalam darah. Semua jenis anggur memiliki manfaat yang sama, tetapi anggur merah merupakan jenis yang kandungan senyawa antioksidannya paling tinggi, Moms.

Tomat

Selain pepaya, rupanya buah tomat juga mengandung senyawa likopen. Sebuah penelitian yang dirilis di British Journal of Nutrition menyatakan bahwa tomat dapat membantu meminimalkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Tomat efektif menghambat proses oksidasi kolesterol dalam tubuh sehingga bisa meminimalkan risiko komplikasi penyakit akibat kolesterol.

Aneka Jenis Beri

Membahas tentang buah-buahan yang mampu menurunkan kolesterol tentu tak lengkap tanpa menyebut aneka buah beri. Berdasarkan penelitian yang dirilis The American Journal of Nutrition, konsumsi dua porsi buah beri sehari (setelah makan siang dan setelah makan malam) dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan tekanan darah sistolik. Moms sekeluarga akan terhindar dari risiko kolesterol dan komplikasi penyakit serius lainnya bila rutin menyantap buah beri.

Jambu Biji

Apakah Moms sekeluarga menyukai jambu biji? Ada kabar baik untuk penggemar buah tersebut. Sebuah penelitian kesehatan di Malaysia berhasil mengungkap manfaat jambu biji untuk membantu menurunkan kolesterol. Konsumsi jambu biji 400 gram per hari ternyata bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan antioksidan dalam tubuh. Moms sekeluarga pun jadi tak mudah sakit dan tak rentan mengalami gangguan kesehatan akibat kadar kolesterol tinggi.

Kebiasaan makan buah memang harus dilakukan sejak dini ya, Moms. Sebagai ibu rumah tangga modern, Moms mendapatkan tugas penting untuk memperkenalkan manfaat buah kepada seluruh anggota keluarga. Karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, yuk ajak seluruh anggota keluarga untuk menghindari kolesterol dengan cara makan buah segar setiap hari.

Kebiasaan makan buah secara teratur bersama keluarga tentu turut mendukung visi misi ajang Gelar Buah Nusantara 2020 yang diadakan pada bulan Agustus lalu. Gelar Buah Nusantara adalah salah satu acara tahunan yang digagas Paskomnas untuk meningkatkan kecintaan sekaligus mengembangkan produk buah asli Indonesia. Pandemi Covid-19 tak menghalangi kemeriahan Gelar Buah Nusantara, lho. Karena ajang besar tersebut tetap diramaikan oleh program bazar buah online dan webinar tentang gerakan konsumsi buah nusantara.

Jangan kecewa jika Moms melewatkan Gelar Buah Nusantara tahun ini. Niscaya Moms, keluarga, dan para sahabat bisa berpartisipasi dalam kemeriahan Gelar Buah Nusantara di tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply