Ingin Menurunkan Berat Badan Secara Sehat? Yuk, Konsumsi 7 Makanan Ini!

Kenaikan berat badan tak boleh dianggap remeh dan diabaikan, Moms. Semua orang perlu menjaga berat badan ideal agar selalu sehat dan leluasa beraktivitas. Jadi, Moms harus mulai waspada kalau jarum timbangan terus bergerak ke kanan dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir.

Menurunkan berat badan secara sehat sebenarnya tidak sulit, kok. Kita hanya perlu lebih beraktivitas fisik dengan intensitas lebih tinggi dan mengupayakan agar kalori yang masuk ke tubuh tidak lebih banyak daripada kalori yang digunakan. Untuk mendukung upaya pembatasan kalori dari makanan, sebaiknya Moms juga mengonsumsi tujuh jenis makanan ini agar berat badan kembali ideal.

Aneka Jenis Sayuran

Sayuran memang merupakan salah satu bahan makanan yang penting untuk mendukung proses penurunan berat badan. Hampir semua jenis sayuran mengandung kalori rendah dan serat yang tinggi, sehingga mengenyangkan tanpa memberikan asupan kalori berlebihan. Supaya tidak mudah bosan, sebaiknya Moms mengolah aneka jenis sayur secara bergantian setiap hari. Mulailah dengan mengonsumsi sayuran yang mudah didapat dan ekonomis seperti kangkung, bayam, brokoli, daun singkong, dan sawi.

Beragam Jenis Jamur

Kalau Moms sedang bosan dengan sayuran berdaun, jamur bisa menjadi bahan alternatif yang cocok untuk mendukung program penurunan berat badan. Jamur kaya kandungan serat, protein, dan sejumlah mineral yang penting untuk metabolisme tubuh. Moms bisa memilih variasi jamur yang berbeda setiap hari supaya tak mudah bosan, misalnya jamur tiram, jamur kuping, jamur shitake, dan jamur merang. Bahan makanan bergizi yang satu ini cocok diolah menjadi sup, tumisan, atau menu yang dipanggang.

Timun, Labu, dan Oyong

Timun, labu, dan oyong berasal dari keluarga cucurbitae (labu-labuan). Selain mengandung banyak serat dan air yang membuat Moms kenyang lebih lama, ketiga bahan makanan tersebut juga rendah kalori. Timun, labu, dan oyong juga mudah diolah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Moms bisa mengolahnya menjadi bahan dasar sup atau sayur tumisan sesuai selera.

Lobak dan Wortel

Mulai sekarang, Moms jangan ragu lagi menyajikan olahan berbahan dasar lobak dan wortel, ya. Tak hanya sedap serta mudah didapat, lobak dan wortel merupakan umbi yang kaya gizi dan rendah kalori. Biasanya, lobak dan wortel hanya digunakan sebagai bahan pelengkap sup. Namun, sebenarnya Moms juga bisa mengolahnya menjadi bahan utama kue, menu tumisan, dan bahan isian soto.

Buah-buahan

Kebiasaan menyantap camilan manis memang paling gampang bikin berat badan naik drastis. Jadi, Moms harus cermat menyiasatinya dengan mengonsumsi buah-buahan. Pilihlah buah-buahan yang mengandung banyak serat dan air supaya lebih mengenyangkan, misalnya apel, pepaya, melon, dan semangka. Selain jenis buah tersebut, Moms juga bebas menikmati buah-buahan lain asalkan porsinya tidak berlebihan.

Kacang-kacangan

Ada banyak jenis kacang yang bisa disantap untuk mendukung proses penurunan berat badan, antara lain kedelai, edamame, kacang hijau, almond, dan kacang merah. Makan kacang tidak membuat gemuk, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Kacang mengandung protein dan lemak nabati yang dibutuhkan tubuh. Sebaiknya, kacang diolah dengan cara dipanggang atau dikukus saja, karena proses menggoreng kacang hanya membuat kandungan kalori dan lemaknya semakin bertambah.

Cabai

Ternyata konsumsi cabai juga bermanfaat untuk mendukung efektivitas diet lho, Moms. Kandungan capsaicin yang menimbulkan sensasi pedas pada cabai, terbukti ampuh meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak berlangsung maksimal. Namun, Moms tetap harus membatasi jumlah cabainya agar tidak menimbulkan gangguan pencernaan, ya.

Diet untuk menurunkan berat badan tak harus membuat orang jadi tersiksa, kok. Masih banyak makanan enak yang bisa dikonsumsi selama diet, asalkan kandungan gizinya seimbang dan porsinya tidak berlebihan, Moms.

Leave a Reply