Cara Memilih Buah Alpukat yang Matang Sempurna

Kelezatan buah alpukat memang tak perlu diragukan lagi ya, Moms. Cita rasanya yang gurih dan berpadu dengan tekstur lembut membuat alpukat disukai semua kalangan usia. Namun, tak sedikit orang yang enggan mengolah buah alpukat sendiri di rumah karena merasa kesulitan memilih alpukat yang matang sempurna.

Setelah menyimak ulasan tips ini, niscaya Moms bisa memilih alpukat yang matang sempurna untuk disantap bersama keluarga.

Amati Warna Kulit Alpukat

Warna kulit alpukat ternyata bisa mengindikasikan tingkat kematangannya. Buah alpukat yang berwarna hijau terang biasanya masih mentah, sedangkan yang berwarna ungu kusam sudah terlalu matang dan rentan busuk. Sebaiknya, Moms memilih alpukat dengan warna hijau tua atau ungu dengan permukaan yang mengkilap. Dua warna tersebut menunjukkan bahwa alpukat sudah matang dan bisa segera disantap atau diolah.

Raba Permukaan Alpukat

Ternyata, belum banyak orang yang tahu kalau tingkat kematangan alpukat juga bisa diperiksa dari tekstur permukaannya. Buah alpukat yang sudah matang biasanya memiliki permukaan yang bertekstur agak kasar. Sedangkan, buah alpukat yang masih mentah mempunyai permukaan yang cenderung licin.

Cermati Tangkai Alpukat

Moms juga dapat mengecek kematangan alpukat melalui bagian tangkainya. Jika ada sedikit sisa tangkai pada bagian atas alpukat, petiklah sisa tangkai tersebut dengan hati-hati. Lalu, amati warna buah alpukat yang tampak dari bekas tangkainya. Buah alpukat yang sudah matang akan berwarna hijau, sedangkan buah yang masih mentah akan terlihat cokelat. Moms harus menunda niat untuk menyantap buah alpukat dan menyimpannya beberapa hari bila menemukan warna coklat di sekitar bekas tangkainya.

Periksa Tekstur Daging Alpukat

Tekstur daging alpukat bisa diperiksa tanpa harus membelahnya terlebih dahulu. Caranya, Moms cukup menggenggam alpukat dengan satu telapak tangan, lalu menekannya secara lembut menggunakan ujung-ujung jari. Alpukat yang sudah matang dan bertekstur lembut akan terasa empuk ketika ditekan. Sementara itu, alpukat yang belum matang akan terasa keras dan harus didiamkan beberapa hari sebelum siap dikonsumsi.

Cek Biji Buah Alpukat

Biji alpukat yang sudah terlepas dari daging buahnya juga menandakan bahwa alpukat tersebut sudah matang. Jadi, Moms bisa mengecek biji buah alpukat untuk memeriksa tingkat kematangannya. Goyangkan buah alpukat secara perlahan-lahan. Biasanya, biji buah alpukat yang sudah terlepas dari dagingnya akan menghasilkan bunyi nyaring.

Perhatikan Bagian Buahnya Secara Langsung

Sekarang, Moms juga bisa memeriksa tingkat kematangan alpukat dengan melihat dagingnya secara langsung ketika membelinya di supermarket. Ada buah alpukat yang sudah dibelah dan dipisahkan dari kulitnya, sebelum dikemas untuk pelanggan supermarket. Daging buah alpukat yang matang akan terlihat hijau segar, mulus, dan padat. Sebaliknya, daging alpukat yang terlalu matang akan berwarna kecoklatan dan terdiri dari banyak serat.

Ternyata memilih buah alpukat yang matang sempurna tidak sulit ya, Moms. Kalau Moms terlanjur membeli alpukat yang belum matang, sebaiknya Moms menyimpan alpukat tersebut dalam kantong kertas yang rapat selama satu hingga dua hari. Gas etilen yang dihasilkan alpukat akan mempercepat proses pematangannya, meskipun sudah dipetik dari pohon. Membuat aneka olahan alpukat pun jadi semakin praktis dan menyenangkan, bila Moms mahir memilih buah alpukat yang matang sempurna.

Leave a Reply