8 Jenis Buah yang Cocok Dikonsumsi Para Pengidap Diabetes

Buah memang merupakan bahan makanan yang kaya gizi dan sehat. Kendati demikian, kandungan gula alami dalam buah juga bisa menyebabkan kenaikan kadar gula dalam darah bila dikonsumsi terlalu sering dalam jumlah banyak, lho. Nah, mulai sekarang Moms harus lebih cermat memilih jenis buah untuk keluarga ya, terutama jika ada anggota keluarga yang mengidap diabetes.

Kira-kira buah apa saja nih yang baik dikonsumsi para pengidap diabetes? Ini dia jawabannya!

Kiwi

Buah yang identik dengan negara Australia ini memang cocok untuk para pengidap diabetes. Kiwi mengandung air, serat, vitamin C, dan kalium yang sangat dibutuhkan tubuh. Indeks glikemiknya yang rendah tak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah secara drastis. Di samping itu, kiwi juga termasuk buah yang rendah kalori, lho. Satu buah kiwi berukuran besar hanya mengandung 13 gram karbohidrat dan 56 kalori.

Alpukat

Banyak orang mengira bahwa alpukat adalah buah yang kurang baik bagi pengidap diabetes karena mengandung lemak. Padahal, lemak dalam alpukat adalah jenis lemak tak jenuh yang justru baik untuk membantu menstabilkan kadar gula darah. Nah, sebaiknya Moms menyiapkan olahan alpukat tanpa tambahan pemanis apapun supaya kandungan gizinya tetap seimbang tanpa gula berlebihan.

Strawberry

Strawberry tak hanya memiliki aroma dan rasa yang khas tetapi juga baik disantap pengidap diabetes. Buah yang satu ini mengandung senyawa aktif fisetin yang berperan penting meminimalkan risiko pembengkakan ginjal dan retinopati diabetik pada pengidap diabetes. Moms bisa menggunakan strawberry sebagai bahan isian sandwich, salad, atau selai.

Pir

Indeks glikemik buah pir terbilang rendah, hanya berkisar di angka 38. Itulah sebabnya buah pir sangat baik untuk mendukung kebutuhan gizi para pengidap diabetes. Kandungan flavonoid dalam buah pir dapat membantu meminimalkan risiko komplikasi penyakit akibat diabetes. Selain itu, buah pir juga bisa menjadi sumber asupan air yang penting untuk keseimbangan metabolisme tubuh.

Jeruk

Popularitas buah jeruk sebagai sumber vitamin C memang tak perlu diragukan lagi. Tak cuma kaya vitamin C, jeruk juga mengandung nutrisi lain, yaitu kalium, tiamin, dan asam folat. Kandungan vitamin B1 dalam jeruk dapat menstabilkan kadar gula darah dan mencegah risiko resistensi insulin.

Jambu Biji

Buah yang satu ini merupakan buah tropis dengan cita rasa khas. Jambu biji ternyata tak cuma lezat, tetapi juga mengandung banyak serat dan antioksidan yang bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Bahkan, kandungan vitamin C pada jambu biji juga lebih tinggi daripada jeruk sehingga sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Pisang

Konsumsi pisang juga sangat disarankan untuk pengidap diabetes karena indeks glikemiknya rendah. Kandungan karbohidrat dan serat pada pisang juga dapat membuat siapa pun yang menyantapnya jadi kenyang lebih lama. Buah pisang yang sudah matang sangat nikmat dikonsumsi langsung tanpa harus ditambahkan bahan pelengkap lainnya.

Buah Naga

Buah yang dikenal dengan nama lain dragon fruit ini memiliki indeks glikemik yang rendah dan rasa manis yang tidak terlalu kuat. Kandungan serat dalam buah naga juga terbilang banyak sehingga baik untuk pencernaan. Konsumsi buah naga dalam porsi seimbang akan membuat Moms sekeluarga kenyang lebih lama, sekaligus efektif membantu mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

Nah, delapan jenis buah tersebut bisa dikonsumsi secara bergantian supaya Moms sekeluarga tak mudah bosan. Mulai sekarang, yuk makan buah secara teratur agar senantiasa sehat. Anggota keluarga yang mengidap diabetes juga bisa mengkonsumsinya dengan leluasa asalkan cermat memilih jenis buah yang tepat.

Semangat makan buah secara rutin tersebut juga sejalan dengan visi misi ajang Gelar Buah Nusantara 2020 yang diadakan pada bulan Agustus lalu. Gelar Buah Nusantara merupakan acara tahunan yang digagas Paskomnas untuk meningkatkan kecintaan dan mengembangkan produk buah asli Indonesia. Pada tahun 2020 ini, Gelar Buah Nusantara diramaikan oleh program bazar buah online dan webinar tentang gerakan konsumsi buah nusantara.

Semoga Moms, keluarga, dan para sahabat bisa berpartisipasi dalam kemeriahan Gelar Buah Nusantara di tahun-tahun mendatang, ya.

Leave a Reply