5 Variasi Olahan Durian yang Sedap dan Bikin Ketagihan

Siapa sih yang tak kenal dengan durian? Buah yang dijuluki King of Fruits di Asia Tenggara ini memang istimewa. Ada juga sih orang yang tidak menyukai durian karena aromanya terlalu kuat. Namun, tak sedikit juga yang tergila-gila dengan buah yang satu ini. Selain nikmat disantap langsung, durian juga bisa dijadikan bahan dasar aneka makanan.

Kalau Moms sekeluarga ingin menyantap olahan durian yang spesial, beberapa variasi makanan berikut ini bisa menjadi pilihan yang menarik:

Pancake Durian

Berbicara tentang durian memang belum lengkap jika tidak membahas pancake durian. Olahan durian yang satu ini disukai banyak orang karena tekstur pancake yang tipis dan lembut berpadu dengan isian durian yang creamy. Biasanya pancake durian dibuat dalam berbagai ukuran agar bisa dipilih sesuai selera. Agar lebih nikmat, pancake durian sebaiknya disantap dalam keadaan dingin. Kini, pancake durian menjadi oleh-oleh khas Medan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Sumatera Utara.

Ketan Durian

Olahan durian yang tak kalah populer adalah ketan durian. Nasi ketan yang sudah dikukus disajikan dengan vla durian yang terbuat dari daging durian, gula aren, sedikit santan, dan pandan. Pemilihan durian sangat berpengaruh terhadap rasa dan tekstur vla yang dihasilkan. Cita rasa ketan yang gurih berpadu dengan vla durian yang manis, legit, dan harum. Masyarakat Sumatera Utara biasanya menyajikan menu makanan manis ini pada perayaan khusus seperti pernikahan atau hari raya.

Dodol Durian

Kalau Moms ingin membuat olahan durian yang tahan lama, dodol durian merupakan alternatif terbaik. Tak seperti dodol biasa, dodol durian lebih istimewa karena memiliki rasa dan aroma khas durian. Daging durian yang ditambahkan ke dalam adonan dodol matang sempurna dan beraroma harum. Semakin banyak jumlah daging durian yang ditambahkan ke adonan, maka semakin nikmat pula cita rasa dodol yang dihasilkan. Namun, jumlah gula pasir dalam adonan dodol perlu dikurangi, karena rasa manis sudah bisa didapatkan dari daging durian.

Kue Sus Vla Durian

Para pencinta kue sus pasti tak asing lagi dengan kue sus vla durian. Saat bosan makan kue sus dengan vla beraroma rhum, vla durian merupakan pilihan lain yang tak kalah menarik. Cara membuatnya sama persis dengan jenis kue sus dengan bahan isian lain. Kue sus yang sudah matang harus digunting bagian tengahnya lalu diisi dengan vla durian. Ditambah lagi, menggunakan banyak daging durian saat membuat vla akan membuat isian kue sus terasa lebih nikmat dan harum. Si kecil pun pasti tak sabar ingin segera mencicipinya.

Sambal Tempoyak

Tahukah Moms kalau daging durian bisa diolah menjadi sambal tempoyak? Sambal tempoyak merupakan makanan khas Palembang yang terbuat dari daging durian yang sudah masak dan biasanya agak berair. Cara membuatnya pun tidak sulit. Daging durian yang sudah matang dicampur dengan cabai dan garam, kemudian disimpan dalam wadah tertutup selama tiga sampai lima hari. Biasanya, sambal tempoyak disantap bersama nasi putih hangat dan lauk lain seperti ikan patin, ikan mas, atau ikan mujair.

Selain menikmati durian dan aneka olahannya, Moms sekeluarga juga perlu mengonsumsi buah-buahan lainnya secara teratur, ya. Manfaat buah-buahan sangat penting untuk kesehatan keluarga. Semangat mengonsumsi buah-buahan asli Indonesia juga menjadi fokus utama dalam ajang Gelar Buah Nusantara (GBN) 2020.

Gelar Buah Nusantara merupakan kegiatan tahunan persembahan Paskomnas Indonesia yang bertujuan menumbuhkan kecintaan dan mendukung pengembangan produk buah asli Indonesia. Ajang ini diharapkan menjadi momentum yang efektif meningkatkan konsumsi buah-buahan asli Indonesia di seluruh kalangan masyarakat. Jangan sedih dulu kalau Moms sekeluarga tak sempat mengikuti Gelar Buah Nusantara yang diselenggarakan secara online pada tahun 2020 ini. Nantikan kemeriahan Gelar Buah Nusantara di tahun-tahun berikutnya, ya!

Leave a Reply