5 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Musim Hujan

Musim hujan sebentar lagi tiba. Makanan hangat buatan Moms pasti menjadi menu favorit di rumah. Selain menyantap makanan hangat, Moms juga perlu menyajikan buah-buahan di rumah setiap hari selama musim hujan. Konsumsi buah-buahan di musim hujan sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Moms tentu tak mau kan ada anggota keluarga yang sakit selama musim hujan?

Jangan bingung menentukan jenis buah yang akan dikonsumsi bersama keluarga ya, Moms. Sajian lima jenis buah berikut ini adalah pilihan yang tepat untuk membantu menjaga kesehatan di musim hujan:

Pepaya

Buah yang satu ini memang pas dikonsumsi pada musim hujan karena kaya kandungan vitamin C. Bahkan, pepaya memiliki kandungan vitamin C 33% lebih banyak daripada jeruk. Jadi, tak mengherankan deh jika konsumsi pepaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, pepaya juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin B1, B3, B5, E, dan K serta kalsium dan magnesium yang penting untuk mendukung proses metabolisme tubuh.

Apel

Ada kabar gembira bagi Moms dan keluarga yang rutin mengonsumsi apel. Apel juga tergolong jenis buah yang kaya kandungan vitamin C. Di samping itu, apel juga mengandung antioksidan quercetin dan polifenol yang penting untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Kebiasaan mengonsumsi apel dapat membantu meminimalkan risiko sembelit karena apel mengandung serat tak larut berupa selulosa dan lignin yang bermanfaat memperlancar sistem pencernaan.

Tomat

Membahas tentang buah-buahan yang baik dikonsumsi di musim hujan tentu belum lengkap jika tidak menyebut tomat. Kandungan buah tomat terdiri dari 95% air dan 5% karbohidrat serta serat tak larut. Konsumsi buah tomat dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan harian bagi tubuh. Tomat juga mengandung banyak vitamin dan mineral, yaitu vitamin B, B9, C, K, serta kalium. Moms sekeluarga juga bisa memperoleh asupan antioksidan jenis likopen, beta karoten, dan karotenoid kalau rutin menyantap tomat. Jika sedang bosan menyantap tomat dalam bentuk jus, Moms bisa membuat menu alternatif lainnya seperti sup tomat dan es buah.

Pisang

Belum banyak orang yang tahu kalau pisang termasuk jenis buah yang cocok dikonsumsi saat musim hujan. Buah yang tersedia sepanjang tahun ini mengandung banyak nutrisi, yaitu vitamin C, B6, serta mineral magnesium, potasium, dan kalium. Konsumsi pisang bisa membuat Moms sekeluarga merasa kenyang lebih lama, karena pisang memiliki cita rasa manis dan mengandung banyak serat. Kandungan pati dan pektin dalam pisang juga dapat menstabilkan kadar gula dalam darah, sehingga ampuh meminimalkan risiko penyakit diabetes. Varian jenis pisang yang sangat beragam pasti membuat Moms dan keluarga jadi tak bosan saat menyantapnya.

Lemon

Jangan malas menyantap lemon di musim hujan ya, Moms. Popularitas lemon sebagai buah yang kaya kandungan vitamin C memang tak perlu diragukan lagi. Selain mengandung banyak vitamin C, lemon juga baik untuk membersihkan organ hati dan sistem pencernaan. Konsumsi air lemon hangat di pagi hari dapat mendukung proses detoksifikasi tubuh sekaligus menjaga daya tahan tubuh. Sebaiknya Moms sekeluarga tidak menambahkan banyak gula saat mengonsumsi lemon dan aneka olahannya, ya. Sebagai gantinya, tambahkan saja sedikit madu supaya tubuh tidak mendapatkan asupan kalori berlebihan yang berasal dari gula.

Persiapan menghadapi musim hujan bukan cuma soal membersihkan seisi rumah dan lingkungan sekitar ya, Moms. Jangan lupa menyiapkan buah-buahan setiap hari agar Moms dan seluruh anggota keluarga tak gampang sakit di musim hujan.

Leave a Reply